.

Disqus Shortname

Comments system

Integrasi Iman,Ilmu,Teknologi dan Seni


Dalam pandangan Islam ,antara agama,Ilmu pengetahuan ,teknologi dan seni terdapat hubungan yang harmonis dan dinamis yg terintegrasi dalm suatu sistem yg disebut dinul Islam. Di dalamnya terkandung tiga unsur pokok yaitu akidah,syariah dan akhlak(iman ,ilmu&amal shalih).
Islam merupakan ajaran yang sempurna,kesempurnaannyanterkandung dlm inti ajarannya. Ada 3 inti ajaran Islam yaitu Iman,Islam dan Ikhsan,ketiga inti ajaran itudisebut Dinul Islam.
Sebagaimana digambarkan dalam Al-Qur’an;
Artinya:
   “Tidakkah kamu perhatikan Allah telah membuat perumpamaan kalimat yg baik(Dinul Islam) seperti sebatang pohon yg baik, akarnya kokoh(menghujam ke bumi)dan cabangnya menjulang ke langit. pohon itu mengeluarkan buahnya setiap musim dg seizin Tuhannya. Allah SWT  membuat perumpamaan –perumpamaan itu agar manusia selalu ingat. (QS>14;24-25).
Ayat diatas mengindentikkan bahwa Iman adalah akar, Ilmu adalah pohon yg mengeluarkan dahan dan cabang-cabang ilmu pengetahuan. Sedangkan amal ibarat buah dari pohon itu identik dengan teknologi dan seni. Ipteks dikembangkan diatas nilai-nilai iman dan ilmu akan menghasilkan amal saleh bukan kerusakan alam.
Islam adalah agama wahyu yang mengatur sistem kehidupan yang paripurna. Keparipurnaannya terletak pada tiga aspek yaitu : aspek Aqidah, aspek ibadah dan aspek akhlak. Meskipun diakui aspek pertama sangat menentukan,tanpaintegritas kedua aspek berikutnya dalam perilaku kehidupan muslim, maka makna realitas kesempurnaan Islam menjadi kurang utuh, bahkan diduga keras akan mengakibatkan degradasi keimanan pada diri muslim, sebab eksistensi prilaku lahiriyah seseorang muslim adalah perlambang batinnya.
Keutuhan ketiga aspek tersebut dalam pribadi Muslim sekaligus merealisasikan tujuan Islam sebagai agama pembawa kedamaian, ketentraman dan keselamatan. Sebaliknya pengabaian salah satu aspek akan mengakibatkan kerusakan dan kehancuran, Agama (Iman) berfungsi untuk memberikan arah bagi seorang ilmuwan untuk mengamalkan Ilmunya. Dengan didasari oleh keimanan yang kuat, pengembangan ilmu dan teknologi akan selalu dapat dikontrol beradapada jalur yang benar. Sebaliknya, tampa dasar keimanan ilmu dan teknologi dapat disalahgunakan sehingga mengakibatkan kehancuran orang lain dan lingkungan.
Sekarang ini masyarakat umumnya membedakan ilmu agama dengan ilmu non agama. Sedangkan dalam konsep Islam tidak ada dikotomi antara ilmu agama dan ilmu umum, karena keduanya bersumber dari Allah dan berguna untuk mengenal Allah. Oleh karena itu, orang yang berilmu (ilmu agama maupun ilmu umum) seharusnya menjadi semakin mengenal dan bertambah dekat dengan Allah SWT. Dengan kata lain, orang berilmu seharusnya imannya semakin kuat.
Menurut Nurcholis Madjid antara iman dan ilmu dalam Islam tak bisa dipisahkan. Menurutnya, ilmu adalah hasil pelaksanaan perintah Tuhan untuk memperhatikan dan memahami alam raya ciptaan-Nya. Ibnu Rusyd menerangkan bahwa antara iman dan ilmu tidak terpisahkan, meskipun dapat dibedakan. Tidak dapat dipisahkan dalam arti iman semestinya menghasilkan ilmu dan ia berfungsi membimbing ilmu dengan pertimbangan moral dan etis dalam penggunaannya. Ilmu berbeda dari iman karena ilmu berdasar pada observasi terhadap alam dan disusun melalui proses penalaran rasional atau berpikir sedangkan iman bersandar pada sikap pembenaran berita yang dibawa oleh Nabi.
Manusia yang ingin menyingkap rahasia Allah melalui tandanya berupa jagad raya menggunakan ilmu-ilmu fisik (fisika, kimia, geografi, geologi, astronomi dll). Mereka yang hendak mengenal Allah melalui tandanya berupa manusia menggunakan ilmu struktur tubuh manusia (kedokteran, biologi, sosiologi, kilmu komunikasi, sejarah, ekonomi dll) dan mereka yang ingin mengenal Allah melalui tandanya berupa wahyu menghasilkan ilmu-ilmu keagamaan, seperti ulumul qur’an, ulumul hadis, tafsir, fikih, tasawwuf. Jalur manapun yang ditempuh akan melahirkan manusia yang semakin dekat dengan Tuhan atau semakin kuat imannya.

Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Kritik dan Saran Saya Tunggu